Ikuti Cara Diet Saya Untuk Menurunkan 40kg Dalam 6 Bulan

Pengalaman diet cepat ini saya harap dapat menginspirasi pembaca semua. Memiliki tubuh gempal benar-benar membuat saya kurang produktif. Mau gerak susah malas, gerak sedikit sudah ngos-ngosan tak karuan bahkan perut buncit juga membuat saya kurang percaya diri. Semenjak menikah dan memiliki buah hati saya ikut-ikutan istri jadi gemuk. Tak bisa bergerak gesit di kantor lama kelamaan menjadi sangat mengganggu. Namun semua itu berubah semenjak saya memutuskan untuk diet 6 bulan yang lalu.

Pengalaman Diet Cepat Saya yang Semoga Menginspirasi

Tahun 2017 kemarin menjadi salah satu titik balik penting dalam kehidupan saya. Obesitas yang saya alami sudah sangat mengganggu. Dan saya sadar betul, selain berpengaruh dengan rasa percaya diri, kelebihan berat badan juga memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan.

Sebelumnya, saya seperti orang-orang pada umumnya yang ingin menurunkan berat badan dengan cara instan. Namun percayalah, fakta menunjukkan bahwa tidak ada cara cepat atau jalan pintas dalam menurunkan berat badan menjadi ideal.

6 bulan merupakan waktu yang sangat cepat bagi saya untuk dapat membuang 40kg berat badan. Kisah sukses diet cepat ini mengulik setiap orang di sekitar saya. Mereka bertanya bagaimana caranya saya bisa mencapai berat ideal seperti sekarang. Dan, saya berhasil! Inilah beberapa langkah yang saya lakukan dalam perjalanan diet saya.

Memulai diet sekarang juga!

Sudah berkali-kali saya berucap ingin diet, ingin menurunkan berat badan namun selalu menyerah ketika ada banyak makanan di depan mata. Namun kali ini, saya benar-benar tegas terhadap diri saya. Tidak ada waktu yang paling baik dalam memulai diet selain sekarang, saat ini!

Menghitung BMR dan Menentukan Target

BMR merupakan singkatan dari Basal Metabolic Rate yakni laju metabolisme basa. Saat memulai diet, saya benar-benar jeli dalam memperhitungkannya. Angka BMR menunjukkan perkiraan jumlah kalori yang dapat dibakar saat tetap beristiraht selama 24 jam. Angka ini dapat dijadikan patokan sebagai energi minimal yang diperlukan tubuh.

Menghitung Asupan Kalori

Mengonsumsi kalori yang pas dan tidak berlebihan adalah kunci dari berbagai pengalaman sukses menurunkan berat badan termasuk pengalaman saya. Selama 6 bulan ini saya benar-benar menghitung kalori yang masuk ke mulut secara strict dan sangat teliti. Semua snack dan makanan sampingan saya benar-benar hitung. Konsumsi kalori sesuai kebutuhan tubuh per harinya dan jangan sampai kelebihan. Kini sudah banyak aplikasi smartphone yang dapat membantu perhitungan asupan kalori.

Menjadi Member Gym

Saya akui, dulu saya pernah berkali-kali masuk jadi anggota gym tapi tak berlangsung lama saya keluar karena bosan. Tapi 6 bulan lalu saya benar-benar menekankan pada diri saya untuk menjadi insan yang lebih sehat di tahun baru nanti. Saya pergi ke gym secara teratur 6 kali dalam seminggu. Awalnya saya mulai dengan treadmill 30 menit, hari-hari berikutnya saya gunakan untuk kardio selama 1 jam dan angkat besi selama 30 menit.

Sangat meminimalisir konsumsi gula

Kebetulan saya memang tidak terlalu suka manis.gula merupakan salah satu asupan berkalori tinggi yang dapat mengagalkan diet. Saat memulai diet ini, selama 1 bulan saya benar-benar tidak mengonsumsi gula. Istri saya pun mendukung dan ia selalu menyediakan makanan tanpa gula saat sarapan dan menyiapkannya sebagai bekal ke kantor.

Saat Ingin Makan Ini Itu, Saya Imbangi Dengan Olahraga

Saya tidak menyangkal, dalam 6 bulan kemarin saya juga sering tergoda untuk menikmati beragam makanan. Hendak menurunkan berat badan tidak dapat diartikan bahwa tubuh harus tersiksa. Kalau saya ingin makan cukup banyak makanan, saya harus melakukan olahraga tambahan supaya timbunan kalori dari makanan tersebut terbayarkan.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Saat haus, saya selalu meminum air putih dan bukan yang lain, air putih mengandung 0 kalori dan sangat baik bagi kesehatan.

Memberi Tahu Orang Sekitar Tentang Diet yang Sedang Saya Jalani

Salah satu langkah dalam kisah nyata diet berhasil saya adalah memberi tahu orang di sekitar terutama istri dan teman-teman kantor bahwa saya sedang berdiet. Dengan begitu, mereka akan maklum dan tidak mengajak saya untuk makan-makan seperti biasanya.

Selalu Memantau Berat Badan

Kebetulan istri punya timbangan berat badan di rumah. Jadi, setiap hari saya pantau berat badan saya. Hal ini dapat sangat memicu dan memotivasi diri untuk semakin menurunkan berat badan lagi.

Demikianlah sepenggal pengalaman diet cepat yang saya lakukan dan berhasil membuang berat badan hingga 40kg dalam 6 bulan terakhir. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asalkan komitmen dan tingkat sadar diri selalu ditanamkan. Semoga menginspirasi!

You may also like